Inspirasi Tentang Maaf

18:30 0 Comments A+ a-

Ah, ntah kenapa tema ini terasa berat sekali untuk orang selengekan seperti aku ini (Ketawa Ngenes). Bukan, bukan karena aku ngga punya orang yang cintanya menginspirasiku, bukan karena aku uda lupa sama semua inspirasi yang aku terima dari mereka, tapi karena..... Karena aku ngga tau caranya menyayangi, karena aku terlalu bodoh untuk mengungkapkan rasa sayangnya aku, karena pada akhirnya.... caraku menyayangi selalu salah (numpang curhat ya mas mba -_-)

Apa cinta untukku?

Sesuatu yang sederhana banget, sesuatu yang universal banget, yang dengannya selalu nyaman, yang dengannya aku bisa jadi apa adanya aku, yang dengannya, aku bisa jadi lebih baik setiap harinya, siapapun dia, Pacar, Mantan Pacar, Babe / Enyak, Temen, atau Orang yang belum pernah kita temui sekalipun dikehidupan nyata. (Ah, sok puitis kali aku ini)

Yang cintanya menginspirasi aku??

Awalnya aku kepengen ngebahas EMAK, and this is sound cliche. Siapa lagi coba yang pertama kali terbersit kalo ngomongin tentang cinta, tulus dan inspirasi? Tentu EMAK sama BAPAK lah. Siapa lagi coba yang ngga pernah bilang capek waktu kita ngeluh, siapa lagi coba yang ngga pernah bilang ngga waktu kita butuh walaupun jawabannya “Iya besok, kalo uda ada ya nak”. Siapa lagi coba? SIAPAAA???? (Biasa aja kali, ngga usah pake emosi!!)

Tapi tentu aja ngga cuma mereka berdua kan, seiring tumbuhnya kita, seiring prosesnya kita, kita akan nemuin orang-orang baru yang beragam yang pada akhirnya ngasih kita kesan tersendiri tentang dia, ntah itu tentang baiknya dia, tentang nyebelinnya dia, tentang satu atau lebih nilai yang bisa kita ambil dari dia.

DAN DIA ADALAH....

Gimana aku harus nyebutinnya ya, harus dari mana juga aku mulai ya, pokoknya di menginspirasiku lah, ngajarin aku satu nilai yang sebelumnya susah banget buat aku lakuin. “MAAF” Dia menginspirasiku, dia mengajariku untuk ngga pernah malu atau gengsi lagi buat “MINTA MAAF”.

Cuma itu? Cuma itu yang dia inspirasikan? Tapi ini bukan perkara yang CUMA, ini sesuatu yang luar biasa dihidupku. Ini hal yang pada akhirnya buat aku tenang setelah ngelakuin sesuatu. Baik teman, akan aku jelaskan. Aku yang sebelumnya adalah aku yang sombong, aku yang gengsian, aku yang ngga mau mengakui kalo aku salah. Bukan karna aku ngga sadar kalo aku salah, bukan karna aku ngga menyesal setelah aku ngelakuin kesalahan. BUKAN!! Aku menyesal setiap kali aku abis ngelakuin kesalahan, dan aku menyesal sekali karna aku ngga bisa minta maaf setelahnya. Kenapa aku ngga bisa minta maaf? Karna aku gengsi, karna aku ngerasa kesalahan yang aku lakuin barusan juga karna salahnya dia, dan selalu gitu sampe pada akhirnya beberapa orang yang spesial dihidupku pergi karna itu, karna aku terlalu gengsi buat minta maaf dan aku amat sangat menyesal. (And this is real happened in my life)

Gimana Dia Menginspirasiku??

Sebenernya setelah aku inget-inget dia ngga punya cara khusus. Loh kok? Iya, dia ngga punya cara yang sepesial buat menginspirasi aku. Serius!! Dia cuma jadi dirinya dia setiap hari disekeliling aku, tapi aku malah tau kalo dia tulus, karna dia polos. Dia cuma selalu biasa ngejalani hari-harinya disekeliling aku, kadang aku ngebuat salah sama dia (Koreksi, ini bukan kadang tapi sering), dan dia marah. Dan aku masih gengsi buat minta maaf pada awalnya, kadang sampe beberapa hari dia marahnya, dan kita diem-dieman. Tapi karna sombongnya aku, aku masih sok biasa-biasa aja.

Terus mana? Mana bagian yang dia menginspirasi aku?

Bagian-bagian kecil dikesehariannya dia, bagian dia yang buat kesalahan kecil dan dia ngga pernah lupa buat minta maaf. Waktu dia ngga sengaja buat ngejatuhin barangku dan dia langsung bilang, “Maaf mba, ngga sengaja”, waktu dia ngga sengaja ngilangin gantungan kunciku yang ngga seberapa itu dan dia bilang “Maaf banget mba, maaf, aku ngga bermaksud ngilangin, jadi aku harus gantinya pake apa?”. Atau kejadian-kejadian kecil lainnya. Dan semakin lama dia semakin ngebuat aku tertohok malu dengan hal-hal kecil kaya gitu. Aku jadi teringet beberapa kali aku buat dia marah bahkan nangis karna kelakuan atau sekedar keisenganku dan.... Kapan aku pernah minta maafnya???

Dan setelahnya aku berusaha buat berubah sedidkit demi sedikit, sampe sekarang aku masih terus belajar buat ngga gengsi minta maaf, buat ngga ngerasa sok yang paling bener, buat ngga terlalu keras kepala lagi. Dan itu sebagian besar karna dia.

Sebenernya Dia Siapa?

Dia itu, temen yang belum lama aku kenal, temen yang udah aku anggap kaya adek sendiri, temen yang sering ngintilin (baca: ngikutin) aku kesana kemari, temen yang sering aku isengin, dan aku manggil dia “BOCAH”. Thanks for inspiring me, cah.

And this is my last words:


Bahwa inspirasi tidak harus hal-hal besar dan ajaib, bahwa inspirasi cukup dengan hal-hal sederhana tapi bisa buat kita jadi lebih baik setiap harinya.